vissaventure.com

Liburan Luar Kota Kalahkan Staycation, Survei RedDoorz Ungkap Tren Musim Libur Sekolah 2024 - News

Liburan Luar Kota Kalahkan Staycation, Survei RedDoorz Ungkap Tren Musim Libur Sekolah 2024 (Urbanjabar)

RedDoorz, platform multi-brand perhotelan dan akomodasi terbesar di Asia Tenggara, hari ini memaparkan hasil survei terbarunya di acara Live Streaming Instagram RedDoorz dengan tema "Staycation atau Vacation".

Hasil survei menunjukkan bahwa tren berlibur ke luar kota (vacation) kembali mendominasi dibanding dengan liburan di dalam kota (staycation).

Dari hasil survei 100 responden, 75.9% orang lebih memilih vacation dibanding 24.1% yang memilih untuk staycation di masa libur sekolah di bulan Juni dan Juli tahun ini.

Faktor terbesar orang lebih memilih vacation dibanding staycation adalah kesempatan untuk menjelajahi tempat baru (75%), mendapatkan pengalaman baru (63.3%), dan kesempatan untuk berpetualang (35%).

Baca Juga: Direktur Utama BRI Sunarso Dinobatkan Sebagai The Best CEO, BRI Borong 11 Penghargaan Internasional Dari Finance Asia

Beberapa kegiatan yang disukai saat liburan di luar kota adalah untuk melihat pemandangan (71%), berwisata kuliner (65%) dan berpetualang (45%).

Sejalan dengan hasil temuan RedDoorz, Adhe Tora Karyana, Travel Influencer mengatakan ia berlibur untuk mencari pengalaman baru yang menyenangkan.

“Buatku, masa berlibur adalah waktu yang pas untuk eksplorasi tempat baru, mencari suasana yang lain dari keseharian dan tentunya melakukan kegiatan yang aku suka termasuk menikmati alam. Inilah kenapa aku lebih suka vacation ke luar kota. Secara persiapan memang harus lebih banyak riset dari mulai destinasinya, hotel, tempat kuliner sampai mempersiapkan budget-nyatapi buatku ini worth it agar liburan lebih berkesan,” ungkapnya dalam acara live stream yang diselenggarakan RedDoorz.

Baca Juga: Mahkamah Rakyat Luar Biasa: Pengadilan untuk Rezim Joko Widodo

Seperti hasil survei RedDoorz sebelumnya, Yogyakarta, Bandung dan Bali masih menjadi destinasi favorit tujuan wisatawan karena daya tarik budaya dan keindahan alamnya.

Perjalanan berlibur ke luar kota pun kembali populer setelah tren staycation sempat menjamur selama pandemi. Kini, orang-orang kembali antusias untuk menjelajahi tempat-tempat yang lokasinya jauh dari rumah.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2023, pariwisata domestik meningkat 12.37% dari 734.9 juta ke 825.8 juta.

Baca Juga: PPATK Ungkap Transaksi Judi Online di DPR-DPRD

Angka ini juga menunjukkan peningkatan dari 722 juta perjalanan sebelum pandemi pada tahun 2019. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat