vissaventure.com

Contoh Ceramah Singkat tentang Setiap Perkataan yang Diucapkan Adalah Doa - News

Contoh ceramah singkat tentang setiap perkataan adalah doa (freepik.com)

Diketahui memang setiap perkataan yang diucapkan oleh manusia adalah suatu doa.

Karena ucapan itu adalah doa, maka ada sebuah larangan untuk tidak mendoakan keburukan atas diri sendiri, anak dan juga harta.

Dibawah ini simak contoh ceramah singkat mengenai tema seperti diatas.

Baca Juga: Contoh Ceramah Singkat tentang Harta Tidak Akan Kemana-mana Jika Kamu Bersedekah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketahuilah bahwa kita ini manusia biasa, kita ini banyak dosa kepada anak-anak kita, betul ya bu?

Kadang-kadang kita kesal kepada orang lain, pada suami, atau kesal pada orang lain kenanya kepada anak-anak kita.

Kadang-kadang kita lihat anak kita, kadang-kadang kita berbuat tidak adil kepada anak-anak kita, kadang-kadang kita sering menyalahkan anak yang pertama, kita menganggap anak pertama itu harusnya sudah lebih mengerti.

Padahal yang salah mungkin adiknya juga, jadi kadang-kadang kita menghukum dengan tidak adil kepada dia, atau kadang-kadang kita berbuat salah dengan membanding-bandingkan anak kita yang satu dengan anak lainnya, atau membandingkan anak kita dengan orang di luar sana.

Kenapa dia bisa kamu tidak bisa? Atau kita kadang-kadang melebihi anak-anak kita dengan kalimat anak bodoh, anak nakal, anak kurang ajar, dan sebagainya.

Padahal semua perkataan Ibu adalah doa.

Jangan-jangan kata-kata itu yang membuat anak itu menjadi begitu karena kata-kata kita sendiri, padahal seorang Ibu harusnya tidak boleh mengatakan hal-hal negatif juga para Ayah tentunya.

Pernah diceritakan satu kisah di mana seorang Ibu ini sangat marah kepada anaknya karena beliau sudah masak sangat banyak untuk tamu, namun anak tersebut menaburkan pasir dengan begitu entengnya ke seluruh makanan, lalu sang Ibu tersebut dalam keadaan marah, justru mengatakan kau kelak akan menjadi imam di Masjidil Haram.

Dalam keadaan marah begitu, maka terjadilah beberapa tahun kemudian anak itu betul-betul menjadi imam di Masjidil Haram, dikarenakan doa dari Ibu yang marah, maka kemudian Ibu itu doanya dikabulkan oleh Allah dan anak itu adalah imam As Sudais seorang imam di Masjidil Haram sampai hari ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat