vissaventure.com

5 Tahapan Sukses Dalam Melakukan Digital Marketing - News

5 Tahapan Sukses Dalam Melakukan Digital Marketing

- Dalam melaksanakan Digital Marketing, terdapat lima tahapan yang perlu diikuti.

Digital marketing merupakan bentuk pemasaran di dunia digital, di mana kita memiliki merek sendiri.

Melalui merek tersebut, kita dapat menawarkan produk yang dihasilkan atau produk yang mampu menarik perhatian konsumen yang melihat merek tersebut.

Kenapa sih harus digital marketing? 
 
 
Dalam era globalisasi ini yang mana semua nya sudah berbasis online.
 
Konsep pemasaran pada saat ini lebih kuat dengan digitalisasi.
 
Tahapan digital marketing harus mampu untuk dipelajari bagi para pebisnis yang baru saja terjun ke dunia bisnis, apalagi persaingan dalam dunia bisnis saat ini sangat ketat sekali.
 
 
Dengan memperhatikan 5 tahapan digital marketing akan membuat kita sebagai digital marketer lebih berhati-hati mengenai promosi produk yang kita miliki agar menghasilkan uang.
 
Kecanggihan teknologi seperti smartphone yang mana setiap orang sudah mengenal apa itu media sosial, dimulai dari usia anak-anak bahkan sampai usia dewasa.
 
Menjadi seorang digital marketing juga perlu tau apa yang diinginkan oleh pembeli atau konsumen.
 
 
Seperti apa sih yang diinginkan oleh pembeli? 
 
Harus ada target yang ingin dicapai, harus ada sasaran calon pembeli, dan tentunya dari hal ini tidak bisa serta merta sukses dalam digital marketing ini, karena semua ada tahapan yang biasanya disebut sebagai tahapan digital marketing.
 
Seperti misalnya, kira-kira agar produk dan jasanya itu bisa dibeli dengan calon pembeli itu harus seperti apa sih gaya hidupnya? Fungsinya apa ini dilakukan?
 
Untuk menjaga loyalitas dan kesetiaan calon pembeli yang membeli produk kita atau brand yang kita miliki.
 
Jadi seorang digital marketing itu harus bisa membuat dari calon pelanggan menjadi pelanggan hingga akhirnya menjadi pelanggan setia dengan brand yang kita miliki.
 
Ketika melihat suatu produk dipasarkan, setiap pembeli tentunya akan merasa sangat penasaran dan ingin mencobanya.
 
Nah hal tersebut yang menjadi hal penting dalam seorang digital marketing, karena itu yang menjadi fokus dalam mencari calon konsumen ataupun pembeli dan harus menjaga loyalitas pelanggan atau konsumen. 
 
Menentukan target pasar atau membuat audience pesona guna mempunyai empati terhadap audience tersebut dan gaya hidupnya seperti apa. Misalnya seperti jenis kelaminnya apa, pekerjaannya apa, hobinya apa, dan sampai ke hal yang spesifik seperti gaya belanjanya mereka atau calon pembeli.
 
Selain kita harus memperhatikan audience pesona, juga harus memperhatikan apa itu customer journey, artinya dimana orang sudah bertemu dsn mengenal brand yang kita miliki, kemudian ada ketertarikan untuk mengetahui nya hingga akhirnya membeli produk dari brand kita.
 
Bagaimana sih caranya agar bisa punya pelanggan yang setia dengan brand kita? 
 
Ini juga yang menjadi tugas bagi seorang digital marketing, harus pintar-pintar dalam mencari pelanggan setia.
 
Pertama yang harus diperhatikan adalah buatlah kesan yang baik atau harus melalui beberapa tahapan diataranya yaitu 
 
1. Awareness yang artinya, adanya kesadaran dari calon pelanggan selama kita melakukan promosi.
 
Dengan ini bisa menarik para pelanggan untuk membeli produk kita.
 
2. Consideration, yang artinya apabila calon pelanggan sudah tau dengan produk kita, tetapi hanya sebatas tau saja dan belum sampai membelinya atau belum ada rasa penasaran dan ketertarikan untuk membeli.
 
Dari hal tersebut belum tentu pelanggan langsung membeli produk yang kita jual, karena biasanya calon pelanggan akan mencari tau terlebih dahulu apakah produk tersebut murah atau tidak.
 
3. Purchase, yang artinya tahap dimana calon pelanggan sudah mau membeli produk yang kita jual.
 
Dari kita sebagai seorang digital marketing mampu memberikan penjelasan mengenai produk yang sedang kita jual dengan baik dan ada kesan yang baik hingga akhirnya berhasil membuat calon pembeli menjadi penasaran hingga akhirnya membeli produk yang kita miliki. 
 
4. Retention, yang artinya adalah dimana pelanggan yang sudah berhasil membeli produk kita dan merasa sangat puas dengan produknya sehingga mendorong diri mereka untuk membelinya lagi.
 
Hal ini menjadi tahapan yang paling penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.
 
5. Advocacy, yang artinya pelanggan setia berhasil membelinya lagi yang kemudian membantu memasarkannya ke orang lain atau melakukan testimoni sehingga kemungkinan akan muncul pelanggan yang baru.
 
Menarik loyalitas pelanggan itu tidaklah mudah, kita sebagai seorang digital marketing harus mampu memberikan penjelasan terbaik mengenai produk yang kita miliki, jangan sampai melakukan kesalahan dan kekeliruan yang akan membuat pelanggan merasa kecewa. 
 
Sebagai seorang digital marketing harus memperhatikan tahapan-tahapan tersebut agar sukses mendapatkan pelanggan setia atau loyalitas pelanggan.***
 
Penulis: Alvioni Salsabilla Pramardini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat