vissaventure.com

Jangan Dianggap Remeh! Cara Ampuh Mengatasi Stress pada Remaja, Dijamin Terhindar Dari Bundir - News

Ilustrasi cara mengatasi stress pada remaja  (cottonbro studio via pexels.com)

Stress pada remaja menjadi fenomena yang tidak lagi karang ditemui saat ini.  

Karena remaja yang masih dalam masa pertumbuhan dan mencari jati diri menjadikan mereka golongan yang rentan mengalami stress.

Untuk mengatasi stress pada remaja, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

Pertama adalah stress dan cara mengatasinya. Seorang dapat dianggap stress jika dampak stress terhadap emosi, kognitif, ataupun perilakunya dan berlangsung lebih dari seminggu.

Baca Juga: Strategi Membangun Engagement Dengan Target Audience Dalam Digital Marketing

Beberapa contoh dampak negatif stress adalah kemarahan, mual, sakit perut, diare, tidak bisa berkonsentrasi, tidak bisa tidur, dan lain-lain.

Kedua, kenali pemicu stress psikologis dan pemicu stress filosofis. Stress dapat terjadi karena stressor atau tekanan yang berasal dari dalam atau luar diri.  

Tekanan internal dapat disebabkan oleh aspek psikologis dan aspek filosofis. Gampangnya, jika kita merasa pintar matematika, lalu tiba-tiba dapat nilai 7 dan stress, itu stressor psikologis.

Lali jika kita anak guru matematika, lalu merasa berkewajiban mendapat nilai di atas 8, itu menjadi stressor filosofis.

Penyebab stress eksternal dapat berasal dari penyebab sosial atau lingkungan. Misalnya, berita-berita negatif di media sosial, misal kemarin ada covid-19 dengan berita kematian.

Baca Juga: Arti Lagu Dear Good dari Avenged Seven Fold yang Dikaitkan dengan Nama Bandnya

Ketiga, kelola stress. Pengelolaan stress dapat dilakukan dengan mengubah cara berpikir dan berperilaku ketika menghadapi kejadian yang membuat stress.  

Caranya adalah dengan fokus pada masalahnya. Identifikasi masalahnya, lalu ubah sumber stress kalian. Kurangi juga respon emosi yang negatif dalam menghadapi stress.

Keempat, mengetahui kemampuan mengatasi stress. Remaja perlu mempertahankan kualitas dan kesehatan diri untuk berkegiatan dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat