vissaventure.com

Ayo Beraktivitas di Pagi Hari, Dapatkan 10 Manfaat Sinar Matahari Pagi - News

Ilustrasi Senam (https://id.pngtree.com/yayimage_4689602?type=1)


 - Bagi Anda yang suka beraktifitas di pagi hari, Anda sangat beruntung. Pasalnya, sinar matahari pagi terbukti bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa orang mungkin kerap menghindari paparan sinar matahari, namun, faktanya yang perlu dihindari adalah sinar matahari yang menyengat saat siang hari, bukan saat pagi hari.

Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan dari paparan sinar matahari pagi, sehingga disarankan untuk beraktifitas di pagi hari di luar ruangan.

10 Manfaat Sinar Matahari

Berikut manfaat sinar matahari pagi.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu manfaat berjemur di pagi hari yang sayang Anda lewatkan yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat ini mungkin didapatkan karena sinar matahari membantu memberitahu tubuh kapan harus meningkatkan atau menurunkan hormon tidur atau melatonin.

Pasalnya, hormon ini baru akan diproduksi saat gelap dan menghasilkan rasa kantuk dua jam setelah matahari terbenam.

  1. Meringankan gejala depresi

Selain meningkatkan kualitas tidur, manfaat sinar matahari pagi yakni meringankan gejala depresi.

Hal tersebut dikarenakan matahari mengandung vitamin D, adapun jika seseorang kekurangan vitamin D, maka ia akan lebih berisiko terhadap depresi.

Paparan sinar matahari juga merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi tingkat stres.

Selain itu, sinar matahari juga mengandung hormon melatonin, yang berperan dalam mengatur siklus tidur, juga dapat dipengaruhi oleh paparan sinar matahari sehingga membantu mengatur pola tidur dan keseimbangan hormon.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet B (UV) dari matahari, senyawa provitamin D yang ada di kulit akan diubah menjadi vitamin D3.

Vitamin D3 ini kemudian diproses lebih lanjut di dalam hati dan ginjal sehingga bisa langsung digunakan oleh tubuh.

Tanpa vitamin D yang cukup, tubuh akan kesulitan menyerap kalsium secara efisien, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis atau rakhitis pada anak-anak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat