vissaventure.com

Perhatian Perilaku Anak, Berikut 8 Tipe Kecerdasan Yang Ada Di Diri Manusia, Bisa Punya Lebih Dari Satu Kecerdasan - News

Ilustrasi 8 tipe kecerdasan pada anak (Mikhail Nilov via pexels.com)

Dalam dunia pendidikan modern, konsep kecerdasan tidak lagi sebatas kemampuan akademis.

Sebuah teori yang dikembangkan oleh psikolog terkenal, Howard Gardner telah memicu pemahaman kita tentang beragam cara agar seseorang dapat unggul dalam kehidupan.

Jika anda adalah orang tua, coba perhatikan perilaku anak anda. Anak anda pasti memiliki setidaknya salah satu tipe kecerdasan dari 8 tipe kecerdasan yang ada.  

Menurut teori Gardner, ada 8 jenis kecerdasan yang masing-masing memengaruhi bagaimana individu belajar, berinteraksi, dan memahami dunia.

Baca Juga: Afgan Menggelar Konser Perdana di Korea Selatan, Kolaborasi Spesial dengan Jessi

Jika anda adalah orang tua, coba perhatikan perilaku anak anda. Anak anda pasti memiliki setidaknya salah satu tipe kecerdasan dari 8 tipe kecerdasan yang ada.  

Berikut penjelasan lebih detail tentang masing-masing tipe kecerdasan menurut teori Howard Gardner:

1. Kecerdasan verbal dan linguistik

Kecerdasan ini melibatkan kemampuan dalam menggunakan kata-kata secara efektif, baik dalam komunikasi lisan maupun tertulis.

Anak dengan kecerdasan linguistic memiliki ciri seperti cenderung suka membaca, menulis, dan berbicara dengan jelas.

Anak juga mampu untuk mengingat informasi verbal dengan baik dan menggunakan Bahasa untuk mempengaruhi orang lain.

2. Kecerdasan logika-matematika

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berpikir secara logis, menggunakan angka dengan baik, dan menyelesaikan masalah matematis atau ilmiah.

Jika anak tertarik dengan berhitung, puzzle, membangun blok, mencari tahu cara meraih benda yang diinginkannya, atau penasaran dengan sebab-akibat, kemungkinan anak anda memiliki kecerdasan logika-matematika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat