vissaventure.com

Banjir Bandang di Sumatera Barat Menelan Puluhan Korban - News

Banjir Bandang di Sumatera Barat, Menelan Puluhan Korban  (Dinda Puriawan)

- Dalam beberapa tahun terakhir, banjir bandang telah menjadi masalah yang sering dihadapi oleh penduduk Sumatera Barat.

Banjir bandang ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti curah hujan yang tinggi, tanah yang tidak stabil, dan penggunaan lahan yang tidak sesuai.

Dalam beberapa kasus, banjir bandang dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada infrastruktur, rumah, dan ladang, serta mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat.

Hujan lebat memicu banjir bandang dan lahar di Sumatra Barat pada Sabtu malam (11/05/24), sejauh ini telah menewaskan 37 orang.
 
 
Aktivis lingkungan menilai bencana terjadi karena kerusakan lingkungan akibat eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan pembangunan yang serampangan.
 
Banjir terjadi di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang.
 
Ada setidaknya 19 korban jiwa dari Kabupaten Agam, sembilan dari Kabupaten Tanah Datar, dan satu dari Kota Padang Panjang, menurut data Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Padang per Minggu malam (12/05/24).
 
 
Selain itu, ditemukan pula delapan jenazah di Kabupaten Padang Pariaman, yang diduga hanyut dari kawasan Lembah Anai di Kabupaten Tanah Datar.
 
Korban jiwa diprediksi akan bertambah mengingat sebanyak 18 orang dari tiga wilayah yang terdampak banjir itu disebut hilang dan masih dalam pencarian. ***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat