vissaventure.com

Viral! Kasus Plagiasi Skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang: Perjuangan Mahasiswa untuk Hak Intelektual - News

 Kasus Plagiasi Skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang: Perjuangan Mahasiswa untuk Hak Intelektual

- Kasus plagiasi skripsi yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang telah menjadi sorotan utama di media sosial.

Berbagai laporan dan pengakuan berkaitan dengan kasus plagiasi skripsi yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang telah diterbitkan, menunjukkan bahwa skripsi yang dibuat oleh mahasiswa tersebut ternyata sama persis dengan skripsi yang dibuat oleh Naomi, seorang lulusan Universitas Sriwijaya (Unsri) tahun 2021.

Pemilik asli skripsi yang menjadi korban dalam kasus plagiasi skripsi yang dilakukan oleh seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang, Naomi, telah menyelesaikan skripsi dengan tema Disparitas Penjatuhan Pidana dalam Perkara Penyiraman Air Keras.

Baca Juga: Mafia Tanah: Penjelasan dan Upaya Menghindarinya

Namun, skripsi tersebut ternyata diplagiat oleh seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) jurusan hukum lulusan 2024.

Ia menunjukkan karya tulisnya yang sama persis dengan skripsi yang dibuat oleh si mahasiswa UMP. "Yang kiri punya gue, diterbitkan tahun 2021, yang kanan punya si plagiat diterbitkan Maret 2024," cuit Naomi sambil menunjukkan karya tulisnya.

Pihak Universitas Muhammadiyah Palembang telah memberikan keterangannya terkait kasus plagiat skripsi yang diduga ada di kampusnya.

Baca Juga: Boikot: Pengertian, Penjelasan, Dan Alasan Mengapa Boikot Dilakukan

Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang, Abdul Hamid Usman, memberikan klarifikasi bahwa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang akan segera menindaklanjuti temuan ini, serta membentuk tim investigasi untuk menyelesaikan kasus ini.

Naomi telah melayangkan somasi terhadap fakultas dan universitas yang bersangkutan.

Ia merasa sangat geram karena apa yang ditulis oleh si mahasiswa UMP sama persis dengan karya tulisnya.

"Masa iya sampe di footnote dan identitas aja sampe sama banget mba", tambah cuitannya dengan marah.

Baca Juga: Spesifikasi Minimal Yang Dibutuhkan Untuk Bermain Zenless Zone Zero Di Hp Dan Juga Pc

Kasus plagiasi skripsi Universitas Muhammadiyah Palembang telah menjadi sorotan utama di media sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat