vissaventure.com

Mahkamah Agung Arab Saudi Tetapkan Idul Adha pada 16 Juni 2024 - News

Hilal Terlihat, Arab Saudi Umumkan Idul Adha Jatuh pada Minggu, 16 Juni 2024

 

- Mahkamah Agung Arab Saudi secara resmi mengumumkan bahwa Idul Adha 2024 jatuh pada Minggu, 16 Juni 2024.

Pemberitahuan ini dibuat setelah hilal, atau bulan sabit pertama Dzulhijjah, terlihat di wilayah Saudi.

Sidang isbat tang digelar untuk menentukan hari pertama bulan Dzulhijjah menetapkan bahwa bulan sabit sudah terlihat pada Kamis, 6 Juni 2024.

Dalam pertnyataan yang tertulis yang dikutip oleh Gulf News, Mahkamah Agung Saudi menyatakan bahwa, "Hari Aarafah jatuh pada Sabtu, 15 Juni, sedangkan Ahad, 16 Juni adalah hari pertama Idul Adha".
 
 
Penetapan ini menandakan bahwa hari Arafah, yang merupakan puncak dari ibadah haji, akan jatuh pada Sabtu, 15 Juni 2024.
 
Pada hari ini, jutaan jemaah haji akan menjalankan wukuf di Padang Rafah, salah satu rukun yang penting dilaksanakan saat haji.
 
Satu hari setelahnya, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha, yang dikenal sebagai Hari Raya Kurban.
 
 
Pada hari tersebut, umat Islam akan menyembelih hewan kurban sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan kepada Allah SWT.
 
Situasi di Negara Lain
 
Di wilayah Oman, bulan sabit Dzulhijjah belum terlihat. Oleh sebab itu, Kesultanan Oman mengumumkan bahwa hari pertama Dzulhijjah akan jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.
 
Ini berarti, Idul Adha di Oman akanterjadi pada Senin 17 Juni 2024, sehari setelah arab Saudi.
 
Perbedaan penetapan ini menunjukkan berbagai macam dalam metode penentuan awal bulan hijriah yang digunakan di berbgai megara.
 
 
Persiapan di Indonesia 
 
Di Indonesia, Kementrian Agama akan menggelar sidang isbat pada Jumat, 7 Juni 2024, untuk menentukan awa bulan Dzulhijjah dan hari raya Idul Adha.
 
Sidang isbat ini akan melibatkan banyak pihak, termasuk para ahli astronomi, tokoh agama, dan perwakilan dari berbagai organisasi islam di Indonesia.
 
Pengumuman sidang isbat yang sangan dinantikan oleh umat Islam di Indonesia untuk mengetahui kapan mereka akan melaksanakan ibadah kurban dan merayakan Idul Adha.
 
Keputusan ini sangat penting bagi seluruh umat Islam di Indonesia karena mereka akan mempersiapkan diri untuk memeriahkan segala hal yang berkaitan dengan Idul Adha, termasuk menyembelih hewan kurban dan berbagi dengan sesama.
 
Penetapan yang tepat juga membantu memastikan bahwa perayaan Idul Adha akan dilakukan serentak dan khidmat sesuai dengan ajaran Islam.
 
Pengumuman resmi dari Mahkamah Agung Arab Saudi ini, umat islam di seluruh dia sangat menantikan dan mampu mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya Idul Adha ini dengan bahagia dan penuh rasa syukur.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat