vissaventure.com

Parade Karnaval Budaya di Desa Cibening, Kreativitas Maksimal RW Peserta - News

Peserta karnaval budaya di Desa Cibening, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melewati panggung kehormatan, Minggu, 20 Agustus 2023.  (Urbanjabar.com/kontributor)

- Karnaval Kemerdekaan yang diadakan di Desa Cibening, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, berlangsung dengan penuh semarak dan keunikan pada hari Minggu, 20 Agustus 2023. Ribuan warga memadati jalan menuju kantor desa untuk menyaksikan acara ini.

Berbagai warga dari Rukun Warga (RW) yang berbeda dan siswa-siswi sekolah terlibat dalam karnaval ini, mengenakan kostum unik sesuai dengan tema parade kebudayaan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Beberapa warga tampil dengan mengenakan pakaian adat, sementara yang lain membawa replika tank buatan. Mereka juga menghias diri dengan atribut khas serta mengibarkan Bendera Merah Putih sebagai ekspresi cinta terhadap HUT ke-78 RI dan HUT Kabupaten Bekasi ke-73.

Baca Juga: Cegah Kriminalitas Di Malam Hari, Aparatur Hingga RT-RW Desa Cibening Keliling Gunakan Mobil Siaga

Para peserta karnaval berjalan bersama menuju Kantor Desa Cibening, dan begitu tiba di sana, mereka disambut oleh Camat Setu Joko Dwijatmoko, Penjabat Kepala Desa Cibening Abdul Rachmat, serta Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cibening, Anton Suryana.

"Kegiatan ini sebelumnya dilakukan di wilayah masing-masing RW. Tahun ini, kami mencoba untuk menggelar karnaval di kantor desa dengan melibatkan semua RW," kata Abdul kepada media.

Abdul menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah menjaga kelestarian budaya serta menyampaikan pengetahuan budaya kepada generasi muda di Desa Cibening.

"Kami ingin menghidupkan kembali budaya-budaya seperti leuit, dongdang, dan sedekah bumi di Desa Cibening yang mungkin sudah mulai meredup. Ini adalah warisan dari leluhur kami. Generasi muda harus mengenal budaya Desa Cibening," jelasnya.

Sebanyak 9 RW berpartisipasi dalam karnaval budaya ini. Setiap RW menampilkan kreativitasnya untuk menyajikan yang terbaik. Pemerintah Desa Cibening menetapkan beberapa kriteria penilaian dengan melibatkan dewan juri dari kecamatan.

Baca Juga: Mayoritas Sepakat Pilkades PAW Cibening Tidak Dilanjutkan

"Kriteria penilaian mencakup unsur keunikan, kearifan lokal, dan harmonisasi, yang berarti kesesuaian dengan tema. Antusiasme warga sangat luar biasa, semoga tahun depan kita bisa mengadakan acara serupa lagi," tambahnya.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa RW 01 keluar sebagai pemenang parade budaya dengan perolehan nilai 1369. RW 01 membawa tema leuit atau tempat penyimpanan padi.

Setelah karnaval selesai, ribuan peserta dan penonton karnaval menikmati hiburan musik dan berkesempatan mendapatkan doorprize, termasuk hadiah utama berupa sepeda dan televisi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat