vissaventure.com

Pesta Seni Cimahi 2023 Teguhkan Citra dan Nilai Estetika Kota - News

Karya seni yang dipamerkan pada Pesta Seni Cimahi (Dokumentasi Panitia Pesta Seni Cimahi)

- Setiap kota memiliki citranya tersendir. Citra tersebut bisa berupa historic value, etic value, estetetic value, economi value maupun social value.

Kota Cimahi walaupun secara social value citranya selalu ada dalam bayang-bayang Kota Bandung tapi tak salah jika Kota Cimahi dapat berdikari dalam menentukan citranya.

Citra tersebut bisa dibentuk oleh pemerintah melalui kebijakan 'political will' maupun oleh masyarakatnya lewat sebuah pergerakan dalam segala bidang, tak terkecuali seni.

Pesta Seni Cimahi adalah sebuah pergerakan yang digagas oleh Sinopsis Creative & UNIKO (Unit Keterampilan Kolektif) untuk memberikan sumbangsih pada Kota Cimahi untuk bisa berdikari dalam menentukan citranya.

Kota Bandung punya Bandung Design Biennale, Jakarta Punya Art Jakarta, Jogja punya Artjog dan Jember punya Jember Fashion Carnaval.

Baca Juga: Pilih Mana? 21 Jurusan Di UNNES Untuk Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Fakultas Bahasa Dan Seni Beserta Kuota

Maka, Kota Cimahi kini punya Pesta Seni Cimahi. Ini adalah event perdana yang secara eksposure dan dukungan masih kurang tapi semangat penyelanggaranya besar.

“Seniman dan karyanya tidak terbatas oleh Wilayah Administratif tapi sebagai warga cimahi saya merasa bangga akan terlaksananya event ini," tutur Adit, warga Cimahi.

Shaped by Shape adalah tema yang diusung Pesta Seni Cimahi dalam menggelar Pameran karya seni, dalam gelaran tersebut ada 11 Seniman muda yang berpartisipasi di dalamnya, karya–karya mereka ada yang diaplikasikan pada kanvas, patung, clay dan juga media campuran.

“Shaped by shape yang artinya dibentuk dari bentuk adalah manifestasi dari visi Sinopsis Space sebagai ruang pentahelix untuk berkarya lalu visi itu diformulasikan pada karya-karya berjenis 3D," demikian tertera pada keterangan Uniko.

Karya seni yang dipamerkan pada Pesta Seni Cimahi
Karya seni yang dipamerkan pada Pesta Seni Cimahi (Dokumentasi Panitia Pesta Seni Cimahi)

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Jurusan Di UNY Untuk Tingkat S1 Fakultas Bahasa, Seni Dan Budaya Dan Fakultas MIPA

"Secara kontekstual pameran karya seni ini adalah sebagai wadah alternatif untuk para seniman muda bisa memamerkan karyanya terkhusus di Kota Cimahi yang secara tren belum memiliki pameran seni yang hypenings dikalangan seniman muda," sambung keterangan tersebut.

Pesta Seni Cimahi akan digelar hingga 17 Maret 2023 bertempat di Sinopsis Coffee & Space yang beralamat di Jalan Ria Nomir 9, Kota Cimahi, selain mengadakan Pameran Karya Seni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat